Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Agar Susu Kambing Berprotein Tinggi, Begini Caranya

Daging maupun susu kambing memiliki potensi ekonomi yang besar jika berhasil diberdayakan dengan baik.
Kambing PE yang dikembangkan mahasiswa UMM./Istimewa
Kambing PE yang dikembangkan mahasiswa UMM./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Daging maupun susu kambing memiliki potensi ekonomi yang besar jika berhasil diberdayakan dengan baik, apalagi jikanya susunya berprotein tinggi.

Mahasiswa Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Alfi Fuad Nugroho dan timnya berhasil mengembangkan bisnis budi daya kambing peranakan etawa (PE) ras Kaligesing.

Kelompok yang terdiri atas Muhammad Taufikurrahman, Farhan Arvi Mubarak, dan Andi M. Reza ini berfokus pada pengembangan susu kambing berprotein tinggi. Hal ini dilatarbelakangi oleh potensi budi daya dan susu kambing PE di Kabupaten Tulungagung yang terus meningkat. Terlebih, hal ini didukung oleh kondisi lingkungan yang kaya akan lahan pakan.

“Susu kambing diketahui kaya akan nutrisi seperti fosfor, kalsium, sodium, dan flourin yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, kesehatan tulang, dan jantung. Sebenarnya, kandungan nutrisi susu kambing PE tidak jauh beda dari kambing lainnya. Hanya saja, jumlah protein kambing PE lebih tinggi dan memiliki aroma khas,” kata Alfi, Selasa (25/6/2024).

Dalam upaya meningkatkan kualitas susu ini, kata dia, tim memilih bahan pakan dari ampas tahu yang ditambah dengan konsentrat pabrikan, mineral dan temulawak. Terlebih, kandungan protein dari ampas tahu yang tinggi dapat meningkatkan produktivitas bobot badan kambing dan produktivitas susu.

Tim melakukan uji laboratorium terhadap kandungan nutrisi susu kambing PE tersebut. Hasil uji menunjukkan kandungan protein susu kambing PE milik tim ini mencapai 3,71 gram. 

Angka tersebut lebih tinggi dari standar normal yaitu 3,6 gram. Uji analisa proksimat ini memastikan konsumen dapat mengetahui kandungan nutrisi susu kambing dengan jelas.

Didampingi Aprilliana Devi Anggraini, dosen D-IV Agribisnis Unggas UMM, tim ini tidak hanya fokus pada produksi susu saja, tetapi juga memberikan tujuan positif lainnya. Mulai dari penjualan susu ke masyarakat, breeding untuk dijual anakannya, penyediaan kambing jumbo untuk kurban khusus pejantan, hingga meningkatkan nilai jual kambing.

“Ini menjadi salah satu bentuk kontribusi dan dukungan UMM dalam menghadirkan mentor-mentor pengusaha, sehingga membantu meningkatkan keterampilan entrepreneurship. Ke depannya, kami juga akan mengembangkan pemilihan bahan pakan untuk meningkatkan produktivitas susu pasca melahirkan,” tukasnya.

Dengan pencapaian ini, harapan Alfi dan timnya adalah agar permintaan pasar terhadap susu kambing terus stabil dan meningkat setiap tahunnya. Mereka optimistis bisnis kambing PE ras Kaligesing dapat menjadi sumber penghasilan utama dan menarik minat lebih banyak masyarakat untuk terjun dalam bidang ini. 

Pengembangan kambing ini lolos pendanaan Program Pengembangan Mahasiswa Wirausaha (P2MW). (K24)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper