Kobexindo Serahkan Sibilia Truk Vacuum S24D ke Smelter Freeport Indonesia

Dukung Kebijakan PTFI atas Zero Waste Policy sebagai Komitmen Kelestarian Lingkungan Berkelanjutan
Foto: Kobexindo Serahkan Sibilia Truk Vacuum S24D ke Smelter Freeport Indonesia
Foto: Kobexindo Serahkan Sibilia Truk Vacuum S24D ke Smelter Freeport Indonesia

Bisnis.com, GRESIK – PT Kobexindo Equipment (“KOBE”) anak usaha PT Kobexindo Tractors Tbk (BEI: “KOBX”) menyerahkan 2 (dua) unit SIBILIA truck Vacuum S24D kepada smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik, Jawa Timur. Alat berat industrial yang ditempatkan pada truk diesel 6X4 7,684 cc, dengan mesin diesel 4 langkah segaris yang sudah mengadopsi standar emisi Euro 4 untuk mendukung mobilitas pekerjaan.

SIBILIA truck Vacuum S24D merupakan mesin vacuum terkemuka buatan italia yang telah berpengalaman selama 80 tahun lebih. Dengan menggunakan mesin diesel auxiliary berdaya 136HP mampu menghasilkan daya hisap (vacuum) sebesar 8.300DaPa. Mesin ini juga dilengkapi tanki penampungan debu/limbah seluas 10m3 dan sudah mengatongi sertifikat ATEX (Atmospheres Explosible), standarisasi peraturan Uni Eropa yang dirancang untuk memastikan keamanan produk yang digunakan di lingkungan yang berpotensi terjadi ledakan.

Suryanto, Direktur PT Kobexindo Equipment menyatakan, KOBE merasa bangga dapat mendukung Freeport Indonesia dalam menerapkan kebijakan zero waste dan menjaga standar tinggi Kesehatan, Keselamatan, dan Lingkungan (K3) di setiap lini operasinya.

S24D mempunyai daya hisap debu yang kuat, dirancang untuk pengelolaan limbah industri dalam skala besar. Alat ini dapat mendukung produktivitas Freeport dengan mengelola limbah secara efisien, mengurangi waktu henti operasi, dan menjaga kebersihan area smelter.

Smelter kedua PTFI ini diresmikan pada 27 Juni 2024. Katoda tembaga merupakan produk utama Smelter PTFI dan menjadi bahan baku untuk berbagai industri hilir seperti kabel, elektronik, dan listrik.

Kilas Kinerja KOBEXINDO, Perkuat Segmen Non-Tambang

Sepanjang enam bulan pertama 2024, segmen penjualan unit alat berat KOBEX tercatat Rp499,93 miliar atau setara 56,25% terhadap total pendapatan secara konsolidasi. Tertinggi dibandingkan segmen usaha lain yang dimiliki Perseroan. Pertumbuhan tersebut ditopang oleh kinerja penjualan segmen-segmen usaha yang dimiliki Perseroan.

“Kobexindo berkomitmen untuk terus memperkuat segmen non-pertambangan, termasuk sektor manufaktur, dengan fokus pada penyediaan alat berat ramah lingkungan. Melalui KOBE, Perseroan menyediakan solusi penanganan lingkungan (environmental solutions), penanganan material, serta solusi logistik (material handling & logistic solutions). Langkah ini mencerminkan komitmen Kobexindo untuk memasok alat berat berkualitas tinggi yang sesuai dengan kebutuhan industri, sambil tetap mendukung praktik-praktik bisnis yang berwawasan lingkungan.” Jelas Gabrielle Azelia, Corporate Secretary PT. Kobexindo Tractors Tbk.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper