Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Pengembangan Pariwisata, Juragan 99 Perkuat Lini Bisnis Transportasi

Keterangan foto: Pemilik Juragan 99, Gilang Widya Pramana (kiri), bersama Jusuf
Pemilik Juragan 99, Gilang Widya Pramana (kiri), bersama Jusuf Ngadri selaku Direktur Operasional MURI, saat meninjau bus dengan 11 kabin tidur dan toilet ramah lingkungan./Ist-J99
Pemilik Juragan 99, Gilang Widya Pramana (kiri), bersama Jusuf Ngadri selaku Direktur Operasional MURI, saat meninjau bus dengan 11 kabin tidur dan toilet ramah lingkungan./Ist-J99

Bisnis.com, MALANG — Group bisnis Juragan 99 memperkuat lini bisnis transportasi, Juragan 99 Trans, dengan menyediakan armada yang diklaim lebih nyaman dengan 11 kabin tidur dan toilet ramah lingkungan.

Pemilik Juragan 99, Gilang Widya Pramana, mengatakan dari 30 unit bus yang ada, 8 unit didesain dengan 11 kabin tidur dan dilengkapi toilet ramah lingkungan.

“Kami bekerja sama dengan Karoseri Adiputro untuk memasang toilet di bus. Boks untuk pembuangan kotoran kami impor,” katanya, Selasa (9/7/2024).

Unit bus, dia meyakinkan, terus akan ditambah. Sampai akhir tahun, akan ditambah menjadi 50 unit. Sedangkan sampai 2026, akan ditambah menjadi 100 unit dengan konsentrasi pengembangan rute Jawa-Bali. Jika rute Jawa-Bali sudah kuat, maka akan dikembangkan rute luar Jawa, terutama Ibu Kota Nusantara dan Sumatra.

Gilang optimistis, bisnis transportasi akan semakin berkembang dengan telah selesainya pandemi Covid. Pada masa Covid, hampir semua pelaku industri jasa transportasi bus mengalami masalah, bahkan ada yang bangkrut akibat pembatasan orang beraktivitas, termasuk berwisata. Namun sejak 2022, bersamaan dengan meredanya Covid, bisnis transportasi terus berkembang, bersamaan dengan berkembangnya sektor pariwisata.

Adapun terkait layanan bus dengan 11 kabin tidur dan toilet ramah lingkungan, kata dia, masih dikaji penambahannya. Intinya, bergantung pada permintaan.

Untuk menyediakan layanan armada dengan 11 kabin tempat tidur, dia menegaskan, butuh investasi yang lebih besar. Ada selisih 10% bila dibandingkan dengan armada dengan 22 kabin tempat tidur. 

Karena alasan itulah, BEP bus dengan dengan 11 kabin tidur dan toilet ramah lingkungan lebih lama. “Tapi inovasi itu harus dilakukan agar wisatawan atau pengguna transportasi kembali melirik bus, tidak tergerus oleh kereta api yang pelayanannya sudah baik,” ujarnya.

Direktur Operasional MURI Jusuf Ngadri juga menyampaikan bahwa rekor MURI yang diberikan kepada Juragan 99 Trans hari ini adalah bukti dari kreativitas dan inovasi keluarga besar Juragan 99 Trans dalam memberikan kenyamanan penumpang di moda transportasi darat, khususnya bus. 

“Setiap hari, MURI menjadi saksi akan prestasi dari anak-anak negeri. Hari ini pun MURI memberikan apresiasi tinggi kepada Juragan 99 Trans sebagai pioneer dalam dunia otobus tanah air. Seperti yang telah kita lihat dalam beberapa waktu terakhir, kompetisi positif di dunia AKAP terlihat jelas dimana satu sama lain saling menunjukkan inovasinya dengan caranya sendiri yang tentunya disesuaikan dengan target konsumennya,” ujarnya 

Di samping itu,dia berharap, nantinya inovasi yang telah dilakukan oleh Juragan 99 Trans ini juga dapat menjadi aturan pemerintah. Hal-hal seperti kenyamanan di dalam bus, khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan biologis adalah keharusan untuk diterapkan oleh perusahaan-perusahaan otobus lainnya.

Bulan lalu Juragan 99 Trans membuka rute baru Malang – Surabaya – Bogor (PP) yang dilayani dengan tipe bus full sleeper 18 seat bersasis Mercedes-Benz 1626 Air Suspension dengan karoseri Adiputro dan Morodadi. 

Hingga saat ini, Juragan 99 Trans memiliki total 30 unit bus AKAP dan pariwisata yang beroperasi, di mana dua di antaranya melayani rute Malang – Denpasar, 8 unit melayani rute Malang – Tangerang (Poris), 4 unit di rute Malang – Bogor, 2 unit disiapkan untuk rute Malang – Yogyakarta yang akan dibuka pada tahun ini, dan 1 unit bus AKAP Cadangan. (K24)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper