Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penonton AFF U-19 Boleh Bawa Kendaraan ke Gelora Bung Tomo

Motor parkir di sirkuit, kalau mobil di dekat Lapangan ABC. Jadi tidak pakai shuttle bus dari luar.
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya./Antara-Diskominfo Surabaya.
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya./Antara-Diskominfo Surabaya.

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengizinkan suporter yang akan menyaksikan pertandingan kejuaraan sepakbola Piala AFF U-19 pada 17-29 Juli 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan Stadion Gelora 10 November membawa kendaraan pribadi.

"Kemarin rapat dengan Polda diperbolehkan masuk, jadi tidak pakai shuttle bus dari luar. Motor parkir di sirkuit, kalau mobil di dekat Lapangan ABC," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, Jawa Timur, Senin (15/7/2024).

Selain kendaraan pribadi, Pemkot Surabaya juga sedang mengatur skema masuk dan keluar bus yang ditumpangi rombongan suporter Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19.

"Supaya tidak crowded (padat) busnya ditempatkan di area parkir yang menghadap ke arah tol," ucapnya.

Mengingat Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) menjadi lokasi pelaksanaan pertandingan Timnas Indonesia U-19, maka keamanan menjadi faktor yang diperhatikan secara maksimal.

"Kami juga rapat terakhir ini dengan Polda dan TNI soal keamanan," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Tundjung Iswandaru mengatakan shuttle bus tetap disediakan, namun mekanisme operasionalnya berbeda dari gelaran Piala Dunia U-17 tahun lalu.

Angkutan jemputan khusus suporter itu tidak mengaspal dari Balai Kota Surabaya maupun titik lainnya, namun digunakan khusus di area Stadion GBT saja. "Tidak ada titik penjemputan seperti dari Balai Kota Surabaya, jadi hanya ada di GBT," ucapnya.

Shuttle bus itu hanya mengakomodasi rombongan suporter yang baru datang ke Stadion GBT dan hendak menuju pintu masuk tribun. Ketika pertandingan selesai, suporter yang akan menuju titik parkir bisa memanfaatkan shuttle tersebut.

"Situasional, kami sediakan supaya tidak jauh kalau ada suporter turun dari bus ke stadion," ujarnya.

Total ada enam angkutan yang disediakan oleh pemkot untuk memberikan kemudahan akses bagi suporter. "Enam itu pakai bus sekolah semua karena ukurannya kecil, kalau bus yang besar dikhawatirkan sulit saat menjemput maupun mengantar," kata Tundjung.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper