Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Malang Berpotensi Jadi Kota Kreatif Dunia

Landasan kreatif di Kota Malang sudah terbangun dengan baik dan berkelanjutan.
Malang Night Paradise/Instagram-Malang Night Paradise
Malang Night Paradise/Instagram-Malang Night Paradise

Bisnis.com, MALANG—Kota Malang berpotensi besar menjadi salah kreatif dunia dengan adanya Malang Creative Center tempat dilatihnya pelaku ekonomi kreatif.

Pj. Wali Kota Malang Iwan Kurniawan menanggapi hasil seleksi nasional tahap II pengusulan nominasi anggota jejaring kota kreatif UNESCO (UCCN) yang digelar di JS Luwansa hotel Jakarta Senin (23/9/2024).

“Saya bangga dan sangat mengapresiasi lolosnya Kota Malang dalam seleksi tahap kedua,” katanya, dalam keterangan resminya, Selasa (24/9/2024). 

Atas hasil ini Kota Malang berhak untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya bersama Kota Makassar, Kota Tangerang dan Kabupaten Ponorogo.

Iwan menegaskan pula, lolosnya Kota Malang dalam dua tahapan seleksi menunjukkan kota tersebut mempunyai kapasitas dan potensi besar untuk menjadi salah satu kota kreatif di dunia. Terlebih gagasan kreatif yang disajikan menjadi yang pertama ada di Indonesia.

"Tentu kita semua bersyukur dan menjadi satu kebanggaan bisa lolos di dua tahapan seleksi UCCN. Ini membuktikan begitu besar kapasitas dan potensi yang kita miliki untuk menjadi salah satu kota kreatif dunia," ujarnya. 

Menurutnya, harapan, mimpi dan gairah besar ini menjadi stimulus positif sehingga bisa menciptakan ide, gagasan kreatif.

“Saya dilapori Bu Kaban (Kepala Bappeda) dan Komite Ekonomi Kreatif (KEK), Malang City of Media Art ini jadi satu-satunya yang ada di Indonesia,” katanya.

Iwan juga mengatakan, Kota Malang punya segalanya untuk menjadi kota kreatif. Landasan kreatif di Kota Malang sudah terbangun dengan baik dan berkelanjutan. Keberadaan MCC semakin menumbuhkan potensi kreatif dan mengampu segala sumber daya yang ada.

Identitas Kota Malang sebagai kota pendidikan memberikan keuntungan tersendiri. Keuntungan ini dibuktikan dengan maraknya kegiatan kreatif di MCC yang sebagian besar didominasi pelajar dan mahasiswa.

"Saya berkeyakinan Malang punya segalanya. Pondasinya sudah terbangun, sudah sustainable. Proses bisnis ditunjang dengan adanya MCC sebagai inkubator 17 subsektor Ekraf di Kota Malang, sumber daya ini yang akan terus kita kuatkan bersama," ucapnya.

Dia menginstruksikan kepada tim dan stakeholder yang terlibat untuk bersinergi mempersiapkan tahapan seleksi selanjutnya. Sebagai informasi, rencananya tanggal 25-26 September mendatang, tim penilai akan turun langsung dan visitasi lapangan ke Kota Malang.

"Maka dari itu, kita persiapkan tahapan seleksi berikutnya sebaik mungkin, saling bersinergi, dan kita sajikan yang terbaik saat tim penilai datang ke Malang," katanya. (K24)

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper