Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masjid Cut Meutia Gelar Salat Idulfitri, Ini Persiapannya

Menjelang Lebaran, tempat ibadah umat muslim di Jakarta sudah mempersiapkan menyambut hari kemenangan. Begitu pula yang dilakukan di Masjid Cut Meutia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.
Masjid Cut Mutia. /Bisnis.com-Janlika
Masjid Cut Mutia. /Bisnis.com-Janlika

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang Lebaran, tempat ibadah umat muslim di Jakarta sudah mempersiapkan menyambut hari kemenangan. Begitu pula yang dilakukan di Masjid Cut Meutia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Meskipun tahun ini perayaan Idulfitri kembali dilakukan di tengah perjuangan melawan pademi, masjid yang dibangun pada masa kolonial Belanda itu tetap akan melangsungkan sholat Idulfitri.

Ketua Harian Masjid Cut Meutia, Koko, mengatakan pelaksanaan sholat Idulfitri tetap mengikuti prosedur protokol kesehatan.

"Pada Salat Id nanti Masjid Cut Meutia akan tetap dilaksanakan. Namun tentunya akan melakukan serangkaian protokol kesehatan agar para jemaah yang ibadah tetap aman dan sehat," ujarnya saat dihubungi Bisnis, Rabu (12/5/2021).

Koko menjelaskan kapasitas jemaah akan dikurangi 45 persen. Apabila sebelum pandemi jumlahnya bisa mencapai ribuan, kini akan dikurangi untuk mencegah kerumunan. Selain itu akan di buat jarak pada setiap shaf.

Pada pelaksanaannya, Imam yang memimpin shalat akan membacakan surat yang pendek agar durasinya lebih cepat. Dan ceramah hanya diperbolehkan 10 menit saja.

Pihak Masjid Cut sangat mengetatkan segala protokol kesehatan agar ibadah tetap tentram dilaksanakan.

Toto mengatakan, meskipun tidak ada acara buka puasa bersama di masjid tahun ini, namun selama bulan puasa bangunan selalu di jaga kebersihannya. Bahkan, untuk menyambut Idulfitri dilakukan pengecatan dinding, dan juga beberapa perbaikan interior.

"Pesan saya, bagi para jemaah yang besok akan beribadah di masjid Cut Meutia harus juga menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari pakai masker dan jaga jarak. Semoga ibadah kali kita semua diberi kelancaran dan juga berkah," tutup Koko.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper