MSJA Dukung Net Zero Emissions RI dengan Panel Surya Skala Industri

PT Multi Spunindo Jaya (MSJA) Tbk turut berupaya membantu pemerintah Indonesia untuk mengurangi pemanasan global dengan memasang panel surya
Foto: MSJA Dukung Net Zero Emissions RI dengan Panel Surya Skala Industri
Foto: MSJA Dukung Net Zero Emissions RI dengan Panel Surya Skala Industri

Bisnis.com, JAKARTA - PT Multi Spunindo Jaya (MSJA) Tbk turut berupaya membantu pemerintah Indonesia untuk mengurangi pemanasan global dengan memasang panel surya dalam skala industri.

Head of Procurement MSJA Group Chandra Yuwono menerangkan, pabrik yang memproduksi nonwoven ini sudah memulai memasang panel surya atau pembangkit listrik tenaga surya sebesar 1890 Kwp sejak pertengahan tahun 2022 dan aktif pada April 2023, dan kedepannya kapasitasnya bakal diperbesar.

"Tahun ini kami sudah merencanakan untuk pengembangan sebesar kurang lebih 2150 Kwp, nantinya total kapasitas terpasang adalah sebesar 4090 Kwp," terangnya dalam keterangan tertulis. Selasa (24/9/2024).

Dengan panel surya yang terpasang saat ini, Chandra menjelaskan bahwa daya listrik yang dihasilkan mencapai 7500 Kwh perharinya. "Sehingga jika total sebulan kita dapat menghasilkan 225 ribu Kwh," tegasnya.

"Pada prinsipnya tujuan atau motivasi kita mewujudkan project solar panel adalah untuk konservasi lingkungan dalam wujud penggunaan energi terbarukan, dengan kata lain ini adalah wujud partisipasi aktif kami atas komitmen pemerintah Indonesia untuk mencapai target Nol Emisi Karbon di tahun 2060 atau lebih awal.” jelas Chandra.

Chandra lebih jauh memaparkan bahwa sejak April 2023 hingga Agustus 2024 MSJA telah merealisasikan pengurangan emisi karbon sebesar kurang lebih 2,9 juta ton. Ia mengakhiri keterangannya dengan menyatakan penggunaan energi hijau ini menjadikan produk-produk MSJA juga menjadi lebih hijau.

"Dan yang terpenting adalah MSJA turut berpartisipasi dalam mencegah peningkatan suhu global dan dampak negatifnya terhadap cuaca, ekosistem, dan kehidupan manusia," pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper