Edukasi Hubungan Industrial, PDS dan Disnaker Jatim Latih SMK

Pelindo Daya Sejahtera (PDS) berkolaborasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan program “HI Mengajar”
Foto: Edukasi Hubungan Industrial, PDS dan Disnaker Jatim Latih SMK
Foto: Edukasi Hubungan Industrial, PDS dan Disnaker Jatim Latih SMK

Bisnis.com, SURABAYA - Dalam upaya mencetak lulusan SMK yang siap terjun ke dunia kerja, Pelindo Daya Sejahtera (PDS) berkolaborasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan program “HI Mengajar”.

Program ini bertujuan untuk membekali tenaga pendidik SMK dengan pemahaman mendalam tentang hubungan industrial, sehingga siswa dapat lebih siap menghadapi dinamika dunia kerja.

Kegiatan tersebut di gelar di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Rabu (25/05). Dalam kegiatan tersebut dihadiri sedikitnya 50 perwakilan tenaga pengajar atau guru dari 50 sekolah SMK se Jawa Timur.

Melalui program ini, para guru akan diberikan pengetahuan mengenai hak dan kewajiban pekerja, organisasi pekerja, penyelesaian perselisihan, kompetensi dan potensi pekerja, serta pentingnya membangun hubungan yang harmonis antara pekerja dan pengusaha.

Kasi Kelembagaan Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur Sugeng Lestari menyampaikan para tenaga pengajar diharapkan mampu memberikan bekal  kepada siswa-siswa SMK tentang pola dan dinaminka hubungan industrial sehingga para siswa memiliki bekal yang cukup untuk bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif.

“Program inisiasi pemasyarakatan Hubungan industrial yang disampaikan kepada guru SMK sejatim bertujuan agar para guru memiliki bekal wawasan yang akan disampaikan kepada siswa/i terkait pentingnya pengetahuan hak dan kewajiban seorang pekerja di perusahaan.” Ujar Sugeng Lestari

Senada dengan hal diatas, Sekretaris Perusahaan PT PDS Parbianto Wibowo menyampaikan sebagai perusahaan penyedia tenaga kerja yang menaungi lebih dari 5000 tenaga kerja, pihaknya mengakui dampak positif dari pemahaman hubungan industrial oleh para pekerja, menurutnya hal tersebut menciptakan hubungan kerja yang harmonis, efektif dan efisien.

“Pengetahuan hubungan industrial harus diketahui oleh semua pihak baik perusahaan maupun pekerja, ini sangat penting mengingat kewajiban dan hak masing masing. Oleh karenanya kegiatan seperti ini akan memberi manfaat pada para siswa calon pekerja”. Tambah Parbianto

Sementara itu Eni Fitri salah satu guru SMK di Mojokerto mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya program ini sehingga memberikan manfaat menambah bekal dan pengetahuan atas hak dan kewajiban serta kompetensi dan potensi seorang pekerja dari praktisi regulator maupun perusahaan.

“Kami berharap program ini dapat terus diselenggara secara berkelanjutan sehingga pemahaman tentang Hubungan Industrial yang dinamis bisa terus kami dapatkan”. Pungkas Eni Fitri Guru SMK


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper