Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2.500 Personel Polri dan TNI Amankan Suroan di Madiun

Ini bentuk kesiapan dalam mengamankan berbagai kegiatan perguruan silat yang dilaksanakan pada bulan Suro atau 1 Muharram 1446 Hijriah.
Karoops Polda Jawa Timur Kombes Pol Puji Santosa didampingi Danrem 081/DSJ Kolonel Infanteri Rama Pratama memimpin kegiatan  Apel Gelar Pasukan Operasi Aman Suro 2024 di Alun-alun Kota Madiun, Sabtu (6/7/2024)./Antara-Diskominfo Kota Madiun.
Karoops Polda Jawa Timur Kombes Pol Puji Santosa didampingi Danrem 081/DSJ Kolonel Infanteri Rama Pratama memimpin kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Aman Suro 2024 di Alun-alun Kota Madiun, Sabtu (6/7/2024)./Antara-Diskominfo Kota Madiun.

Bisnis.com, MADIUN - Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Rama Pratama bersama kepolisian dan Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur meminta anggota perguruan pencak silat merayakan kegiatan "Suroan" dan "Suran Agung" dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriah dengan damai.

"Kami berharap apa yang disepakati bersama dalam maklumat Suro Damai agar ditaati. Selain telah ada maklumat, dari kami sendiri juga telah mengeluarkan imbauan mewujudkan Suro Cinta Damai," ujar Kolonel Inf Rama Pratama dalam kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Aman Suro 2024 di Alun-alun Kota Madiun, Sabtu (6/7/2024) petang.

Menurutnya, Suroan cinta damai diwujudkan dengan menjaga kondusivitas wilayah, jangan mudah terprovokasi dan percaya berita hoaks, bersikap sopan santun dan menyejukkan, mematuhi tata tertib lalu lintas, tidak melanggar hukum, hingga menghindari minuman keras dan narkoba.

Bersama Karoops Polda Jatim Kombes Pol Puji Santosa, Danrem menegaskan bahwa apel yang dilakukan tersebut merupakan bentuk kesiapan dalam mengamankan berbagai kegiatan perguruan silat yang dilaksanakan pada bulan Suro atau 1 Muharram 1446 Hijriah.

"Ini bentuk kesiapan kami TNI-Polri bersama pemerintah daerah untuk mengamankan agenda Suroan di Kota Madiun khususnya dan sekitarnya pada umumnya," kata Danrem.

Ia menyebut, pengamanan merupakan rutinitas tahunan yang dilakukan untuk menjaga kondusivitas wilayah. Sekaligus juga memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Untuk jumlah personel yang diterjunkan, dia mengungkapkan sebanyak 2.500 personel gabungan ditambah dengan unsur pengamanan intern dari masing-masing perguruan silat.

Dengan kesiapan dan berbagai upaya yang telah dilakukan, ia berharap, pelaksanaan agenda Suroan tahun ini berjalan dengan aman, damai, dan kondusif.

"Semoga bisa terwujud dan pelaksanaan Suroan di Madiun Raya berjalan lancar," tegas Danrem.

Kapolres Madiun Kota AKBP Agus Dwi Suryanto menambahkan bahwa TNI, Polri, bersama pemangku kepentingan terkait siap mengamankan pelaksanaan momentum Suroan di wilayah Kota Madiun maupun Kabupaten Madiun.

"Pengamanan dilakukan di sejumlah titik, seperti perbatasan kota serta titik-titik tertentu dalam kota, termasuk di lokasi kegiatan," kata AKBP Agus.

Ia menambahkan giat tersebut sebagai komitmen aparat menjaga keamanan dan ketertiban Kota Madiun khususnya dan Madiun Raya pada umumnya.

Apel Gelar Pasukan Operasi Aman Suro 2024 dipimpin oleh Karoops Polda Jawa Timur Kombes Pol Puji Santosa didampingi Danrem 081/DSJ Kolonel Infanteri Rama Pratama. Hadir pula Pj Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto, Pj Bupati Madiun Tontro Pahlawanto, serta Kapolres Madiun Kota AKBP Agus Dwi Suryanto, Kapolres Madiun AKBP Muhammad Ridwan, segenap jajaran Forkopimda, dan perwakilan perguruan pencak silat.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper